Selasa, 01 September 2009

RESEP SAGU KEJU


Setelah menimbang dengan penuh kebimbangan (halaah...)karena susahnya menemukan tepung sagu, akhirna ketemu juga..phffiuuh...
yah, dapet moment mo lebaran, nyobain sagu keju deh...
ini resepnya ncc, mbak fat (lagii...thanx a lot)...
Pertama kali nyoba nih, gak dapet sagu tani juga(yang kabar2nya sagu yang paling bagus...), eh dapet merk ikan mas produksi riau (jauh banget yah nyampe jombang qiqiqiq)..yah, gak pa pa deh...
Taunya pas tepung udah masuk, warna adonannya jadi mbuthek gitu, gak putih...dah deg2an ..yah bismillah dan pasrah aja lah...taunya pas mateng oke juga, emang agak kuning gak putih bersih gitu, tapi tetep bagus, guratannya keliatan... alhamdulillah...

300 gram tepung sagu tani (sangrai dulu dengan daunpandan sampai kering)==>aku pakai tepung sagu ikan mas
2 lembar daun pandan
100 gram margarine==>aku pakai blueband
50 gram mentega ==>aku pakai golden fern
1 kulning telor
100 gram keju edam==>aku pakai parmesan aprut lembut
150 gram gula halus==>karena males pergi, aku blender sendiri :)
50 gram santan kental==>aku pake' kara
50 gram keju cheddar untuk taburan

Cara membuat :
1. Kocok margarine, mentega dan gula halus sebentar aja dengan kecepatan rendah sampai creamy(soalnya kalo' kelamaan ntar guratannya gak terbentuk alias mblebeer)
2. Masukkan keju dan santan, aduk rata.
3. Masukkan sangraian sagu yang sudah dingin ke adonan, aduk rata.(aku tambahin sedikit tapioka kurbel 10 gram, karena pertama ngeliat adoannya agak lembek, tapi liat dulu adoannya yah..kalo' dah pas gak usah)
4. Semprot dengan spuit, tabur dengan keju (aku simpen bentar di kulkas berikut loyangnya, it works!! adonannya gak terlalu mbleber gitu)
5. Panggang dalam oven suhu 140 derajat C (aku 130 derajat celcius, karena tiap oven kaya'nya beda2 yah...trus api kecil ini biar warnanya cantik) hingga kering dan matang(kurleb 20 menitan)==> aku 15 menit, trus dikeluarin, diangin2in..setelah dingin dan selesai semua, dioven lagi bareng2 dengan api 120 derajat kurleb 5-10 menitan), hasilnya crunchy gitu looh...ssip!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar